EVALUASI PEMBELAJARAN TERPADU DI TAMAN KANAK-KANAK
EVALUASI
PEMBELAJARAN TERPADU DI TAMAN KANAK-KANAK
Penilaian atau evaluasi pada
pembelajaran terpadu di TK pada dasarnya adalah sama dengan penilaian yang
dilakukan di TK pada umumnya karena pada dasarnya kegiatan pembelajaran di TK
adalah pembelajaran terpadu karena setiap bidang pengembangan yang akan
dikembangkan saling terkait antara satu dengan yang lainnya dan setiap kegitan
yang dilaksanakan dalam satu hari terkait pula dengan kegitan yang lainnya yang
diikat oleh sebuah tema.
A. PRINSIP-PRINSIP
PENILAIAN ATAU EVALUASI PEMBELAJARAN TERPADU
Prinsip-prinsip
dalam melakukan evaluasi pembelajaran terpadu adalah sebagai berikut :
1.
Evaluasi hendaknya berbasis untuk kerja sehingga selain
memanfaatkan penilaian produk, penilaian terhadap proses perlu mendapat perhatian
yang lebih besar.
2.
Setiap langkah evaluasi selalu melibatkan anak didik.
3.
Memberikan perhatian terhadap refleksi diri anak.
4.
Memanfaatkan asesmen portofolio.
5.
Umpan balik (feed back) hendaknya dimanfaatkan
sebesar-besarnya untuk pengembangan anak yang bersifat individual dan sosial.
6.
Evaluasi pada pembelajaran terpadu perlu memberi perhatin
yang lebih besar pada dampak pengiring (murturant
effect), meliputi kemampuan kerja sam, tenggang rasa, salign tergantung.
7.
Evaluasi pembelajaran terpadu hendaknya dilihat sebagai
proses yang terus-menerus (bukan merupakan kegiatan di akhir program) dan
bersifat multidimensional.
8.
Evaluasi juga hendaknya menggambarkan keseluruhhan
aktivitas belajar (komprehensif) dan merupakan kesatuan informasi (sistemis)
bukan penggalan informasi.
Selain prinsip-prinsip tersebut, Ali
Nugraha dalam bukunya “Kurikulum dan Bahan Belajar TK” mengemukakan
prinsip-prinsip khusus dalam melaksanakan penilaian di TK, sebagai berikut :
1.
Penilaian menggunakan suatu alat dan prosedur yang
tersusun, seperti koleksi pekerjaan anak, catatan observasi yang sistematis
oleh guru, catatan percakapan dan wawancara dengan guru-guru lain, serta
rangkuman kemajuan anak secara individual maupun dalam kelompok.
2.
Penilaian tidak mengganggu kenyamanan psikologis anak
baik perasaan maupun harga dirinya.
3.
Penilaian menunjukkankeunggulan dan kemajuan anak, apakah
anak dapat melakukan, serta tidak mengadili jawaban yang salah atau apa yang
tidak dapat dilakukan atau apa yang tidak diketahui mereka.
4.
Penilaian mendorong anak untuk berpartisipasi dalam
menilai dirinya dan mencatat apa yang dapat dilakukan anak secara mandiri
maupun apa yang dapat dilakukan anak dengan bantuan orang lain.
5.
Informasi tentang setiap perkembangan dan belajar anak
dikumpulkan dan dicatat secara sistematis untuk merencanakan pembelajaran serta
untuk berkomunikasi dengan orang tua.
6.
Penilaian terhadap anak usia prasekolah harus dilakukan
secara natural atau wajar.
7.
Penilaian hasil belajar hendaknya diikuti dengan tindak
lanjutnya, data hasil penilaian sangat bermanfaat bagi guru maupun bagi anak.
B. PENGEMBANGAN
EVALUASI PADA PEMBELAJARAN TERPADU DI TAMAN KANAK-KANAK
1. Penilaian
Perkembangan Anak
Kegiatan pembelajaran di TK
dilaksanakan secara terpadu, yaitu berupa kegiatan merupakan satu kesatuan yang
utuh serta saling terkait. Demikian pula penilaian atau evaluasi yang
dilaksanakan di TK dilakukan secara menyeluruh dan merupakan satu kesatuan yang
utuh. Penilaian yang dilakukan terhadap anak dapat dilakukan dengan menggunakan
berbagai jenis dan alat penilaian secara bersamaan. Misalnya dengan pengamatan
dan potofolio serta wawancara.
Penilaian di TK dilaksanakan setiap
hari dan setiap saat, penilaian tidak dilaksanakan dengan waktu tertentu dan
dalam waktu yang ditentukan. Misalnya, penilaian hanya dilakukan satu minggu
sekali selama 30 menit. Hal demikian tidak dapat dilakukan di TK mengingat anak
usia TK belum dapat berkonsentrasi dalam jangka waktu yang cukup lama dan
kondisi fisik dan psikis anak kemungkinan berbeda setiap harinya. Selain itu, perkembangan
dan pertumbuhan anak setiap hari berlangsung secara kontinu dan setiap hari
berubah dan berkembang.
Penilaian dilaksanakan sesuai dengan
Satuan Kegiatan Harian (SKH) yang telah disusun oleh guru baik berupa matriks
maupun dengan model webb.
Langkah-langkah yang harus dilakukan
guru dalam menyusun penilaian dalam pembelajaran terpadu adalah sebagai
berikut.
1. Menyusun SKH
a. Menentukan
indikator.
Menentukan kegiatan yang akan
dilaksanakan sesuai dengan indikator. Menentukan nama-nam anak yang akan dinilai, maksimal 5
(lima) anak dalam satu hari. Pemilihan nama anak dapat dilakukan secara acak
pada pagi hari sebelum kegiatan belajar berlangsung atau dapat pula beberapa
saat sebelum kegiatan dilakukan.
b. Menentukan
jenis dan alat penilaian yang akan digunakan.
c. Menyiapkan
format penilaian sesuai jenis penilaian yang telah dipilih.
d. Melakukan
pengamatan dan penilaian selama dan setelah kegiatan berlangsung.
e. Segera
mendokumentasikan (mencatat dan merekam) dalam format yang telah disiapkan
sebelumnya.
f. Merangkum hasil
penilaian setiap seminggu sekali.
g. Merekap hasil
penilaian setiap satu bulan sekali,hal ini dilakukan untuk mempermudah guru
dalam menyusun dan membuat laporan akhir semester tentang kemajuan anak didik.
Cara memberikan atau membuat catatan
penilaian terhadap aspek perkembangan anak dapat dilakukan guru dalam membuat
simbol-simbo atau lambang-lambang yang mudah dipahami oleh guru itu
sendiri,misalnya berikut ini :
a.
Simbol n (bulatan
penuh),berarti anak dapat melakukan atau mengerjakan sendiri,hasil yang
baik,rapi dan waktu menyelesaikan relatif cepat.
b.
Simbol
(bulatan
setengah),berarti anak dapat melakukan,namun dengan sedikit bantuan atau anak
dapat melakukan sendiri sampai selesai ,hanya hasilnya masih belum rapi atau
belum sempurna.
c.
Simbol O (bulatan kosong),berati anak belum bisa
melakukan atau menyelesaikan sendiri atau masih memerlukan bantuan secara penuh
atau anak tidak bisa melakukannya sendiri,atau tidak menghasilkan suatu karya
yang bisa dinilai.
Cara lainnya dapat digunakan dengan
simbol “binatang”,misalnya berikut :
a.
Simbol ««« (bintang tiga)
berarti anak dapat melakukan atau mengerjakan sendiri,hasilnya baik,rapi,dan
waktu menyelesaikannya relatif cepat.
b.
Simbol «« (bintang dua)
berarti anak dapat melakukan,namun dengan sedikit bantuan atau anak dapat
melakukan sendiri sampai selasai,hanya hasilnya masih belum rapi atau belum
sempurna.
c.
Simbol « (bintang satu)
berarti anak belum bisa melakukan atau menyalesaikan sendiri atau masih
memerlukan bantuan secara penuh atau anak tidak bisa melakukannya sendiri atau
tidak menghasilkan suatu karya yang bisa dinilai.
Simbol untuk catatan penilaian pengembangan perilaku melalui pembiasaan :
a. Simbol n (bulatan
penuh) yang berarti amat baik.
b. Simbol P (ceklis) yang
berarti baik.
c. Simbol O
(bulatan kosong) yang berarti belum tercapai.
Simbol untuk
catatan penilaian pengembangan kemampuan dasar
1. BM yang berarti
Belum Muncul
2. MM yang berarti
Mulai Muncul
3. BSH yang
berarti Belum Sesuai Harapan
4. BSB yang
berarti Berkembang Sangat Baik
Catatan
penilaian perkembangan pada anak baik perilaku melalui pembiasaan maupun
pengembangan kemampuan dasar dapat pula menggunakan simbol-simbol yang lain
yang di anggap lebih baikmaupun lebih mudah dipahami bagi guru maupun
simbol=simbol yang disepakati oleh rekan-rekan guru di TK.
2. Penilaian
Kegiatan Belajar-Mengajar
Penilaian kegiatan belajar dan mengajar
dilakukan setiap haribpada setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh guru sesuai
dengan SKH yang telah disusun.Penilaian dapat dilakukan dengan menuliskan
“terlaksana” ataupun “tidak terlaksana” pada kolom penilaian Kegiatan Belajar
Mengajar (KBM).Kemudian,guru dapat mengemukakan atau menuliskan alasan, kesulitan ataupun hambatan dalam
pelaksanaan kegiatan tersebut.Penilaian KBM dilakukan pada saat kegiatan
berlangsung, namun penulisan
atau pengisian dalam SKH dapat dilakukan guru setelah kegiatan Belajar Mengajar
berlangsung.Sebaiknya guru langsung mengisi beberapa saat setelah kegiatan
belajar selesai dan tidak menunggu sampai beberapa waktu atau keesokan harinya
karna daya ingat seseorang terbatas dan dikhawatirkan guru tersebut lupa dengan
apa yang akan dituliskannya atau ada bagian tertentu yang terlewatka untuk
ditulis/dicatat padahal bagian tersebut merupakan bagian yang sangat penting.
3. Cara Penilaian
Cara penilaian pada pembelajaran terpadu adalah sebagai
berikut :
a. Portopolio, Penilaian yang dilakukan dengan
portopolio,antara lain :
1. Puisi,karangan,tulisan 2.
Peta/denah
3. Desain 4.
Laporan
observasi
5. Laporan eskperimen 6.
Sinopsiss
7. Naskah pidato 8. Teks doa
9. Rumus 10. Kartu ucapan
11. Surat 12. Teks
lagu
13. Resep masakan,dll
b. Tingkah Laku, Penilaian tingkah laku antara lain
dengan :
1. Skala
sikap 2.
Catatan anekdok
3. Penilaian diri 4.
Sosiogram
5.
Kuesioner 6.
Buku harian
7.
Ungkapan perasaan,dan 8.
Pengamatan perilaku
c. Unjuk Kerja, Penilaian unjuk kerja antara lain
dengan :
1.
Permainan,bermain peran 2.
Drama
3.
Demonstrasi 4.
Olahraga,senam
5.
Permainan musik,bermain musik 6.
Bernyanyi
7.
Pantomim 8.
Berdoa,memelihara tanaman/trnak,dan
9.
Deklamasi,membaca puisi 10.
Diskusi
11. Wawancara
d. Produk, Penilaian produk,antara lain dengan :
1. Patung
2.
Kerajinan tangan
3. Hasil
karya anak,lipatan,gambar,dll
- CONTOH PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN TERPADU
Contoh Format Penilaian Harian
FORMAT PENILAIAN HARIAN
Hari/tanggal :
Kelompok : A
Tema/Subtema : Kendaraan/kendaraan di udara
Semester/minggu : 1/12
No
|
Bidang Pengembangan/indikator
|
Nama Anak
|
Ket.
|
||||
Budi
|
Titi
|
Lilies
|
Denny
|
Dian
|
|||
1.
|
Moral dan
nilai agama
Berdoa
sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
|
««
|
«««
|
«««
|
«
|
««
|
|
2.
|
Sosial
emosional
Mendengarkan
orang tua atau teman berbicara
|
«
|
««
|
«««
|
«
|
««
|
|
3.
|
Kognitif
Mengerjakan maze
(mencari jejak yang sederhana)
|
«««
|
««
|
««
|
«
|
«««
|
|
4.
|
Seni
Mewarnai
gambar sederhana
|
«
|
«
|
«
|
««««
|
««
|
|
5.
|
Bahasa
Menjawab
pertanyaan tentang keterangan/informasi secara sederhana
|
«
|
«
|
««««
|
««
|
«
|
|
6.
|
Fisik motorik
Meniru
berbagai gerakan
Meniru
melipat kertas
|
««
«
|
««
««
|
««
««««
|
«««
«
|
«
««
|
DAFTAR REFERENSI
Siti,
Aisyah , dkk. 2009.Pembelajaran
Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka
0 Response to "EVALUASI PEMBELAJARAN TERPADU DI TAMAN KANAK-KANAK"
Posting Komentar